Gerakan Janin 6 Bulan

Saat hamil merupakan saat yang penuh sensasi terutama ketika janin yang berada dalam rahim kita sudah mulai beraktivitas dan bergerak. Gerakan-gerakan yang menjadi sebuah moment yang luar biasa dan penuh sensasi bagi sang ibu. Gerakan ini biasanya lebih terlihat pada waktu malam hari, saat kita sang ibu berbaring santai atau pagi hari saat sang ibu terbangun dari tidurnya.

Adanya gerakan janin merupakan sebuah pertanda bahwa bayi anda masih aktif dan sehat meski tidak setiap saat janin anda akan bergerak, Ada kalanya janin berhenti bergerak sesaat saat ia malas atau saat ia tertidur. Bila kondisi ini terjadi anda bisa merangsangnya dengan memberikan sentuhan lembut. Namun bila dalam sehari semalam bayi anda tidak merespon rangsang yang diberikan, ada baiknya anda waspada dan memeriksakannya ke bidan terdekat. Janin mulai bergerak pada usia kandungan 4 bulan yang dimulai dengan gerakan menendang dan menonjok, sedangkan gerakan janin 6 bulan sudah mulai lebih beragam. Saat usia ini janin anda dapat merespon suara dari luar dan memberikan respon hentakan saat ia kaget dengan gerakan yang lebih kuat.

Sensasi gerakan janin 6 bulan terasa lebih menakjubkan dan terus berkembang hingga mencapai usia 9 bulan. Bila janin 6 bulan bisa merasakan rangsangan dan mampu mendengar, makan bayi 7-8 bulan bergerak semakin kuat, namun teratur dan lebih terkendali. Sesekali pada usia ini sang ibu akan merasakan kontraksi otot rahim, kaku-kaku hingga seperti tertarik. Janin akan bergerak lebih cepat dan lebih sering intensitasnya disebabkan massa tubuhnya yang semakin bertambah besar sehingga kekuatannya semakin bertambah. Usia 6 bulan bagi janin adalah saat dimana janin suka sekali dengan suara musik, tubuhnya akan bergerak mengikuti hentakan suara musik yang terdengar, kaki dan tangannya seolah ikut menari menghentak-hentak. Gerak janin usia 6 bulan tidak hanya pada kedua tangan dan kaki, namun kelopak matanya pun mulai mampu berkedip.

Memasuki usia 9 bulan tubuh janin seisapmakin sulit bergerak karena ruang gerak semakin sempit dipenuhi tubuh janin yang bian membesar. Janin akan mengisap-ngisap jempolnya, berputar mencari jalan keluar, menendang hingga kulit terasa sedikit perih seolah terdesak.

Sorry, you can not to browse this website.

Because you are using an outdated version of MS Internet Explorer. For a better experience using websites, please upgrade to a modern web browser.

Mozilla Firefox Microsoft Internet Explorer Apple Safari Google Chrome